Beranda » Internet, Tutorial, Tips & Tricks » 3 Cara Mudah Download Flash Video dan Mp4 dari Youtube

3 Cara Mudah Download Flash Video dan Mp4 dari Youtube

October 5th, 2011 D-Artchitext Tambah komentar

Sebelum menggunakan tiga cara yang akan saya bahas kali ini, saya ketergantungan sekali menggunakan IDM sebagai satu-satunya cara mendownload video dari Youtube. Namun belakangan integrasi IDM dengan browser firefox terbaru cenderung di-disable sehingga video dari Youtube tidak bisa didownload. Namun sebagai gantinya kita dapat memanfaatkan Add On atau extensi tambahan dari browser, baik itu Mozilla firefox, Opera, IE ataupun Safari. Perlu ditegaskan bahwa yang akan saya bahas bukan pada 3 langkah cara download video dari Youtube, namun justru pada tiga cara dengan menggunakan add on/ ekstensi yang berbeda. Dan sebetulnya ada lebih dari 3 cara ini lho, namun karena 3 cara ini merupakan cara paling mudah maka 3 cara inilah yang akan dibahas.

Dowload Video Youtube dengan Easy Youtube Video Downloader

Cara ini adalah yang paling mudah, tambahkan Add on “Easy Youtube Video Downloader” pada browser Firefox. Pada menu klik Tools – Add On – lalu lakukan pencarian dengan mengisi kata kunci “Easy Youtube Video Downloader”. Setelah Add On muncul, pilih install dan ikuti petunjuk yang ada sampai proses instalasi selesai maka browser akan minta Restart. Setelah Instalasi selesai maka pada tab Add On akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

Video download add on

Add on Installed


Sampai tahap ini Anda sudah bisa mendownload video dari Youtube. Dengan tambahan Add on ini maka pada tampilan video Youtube akan muncul menu tambahan untuk download video dengan berbagai opsi pilihan download. Perhatikan gambar di bawah, pada gambar ini ketiga Add On sudah terpasang. Dan untuk download video dengan cara pertama ini dapat dilihat pada gambar yang ditandai “Nomor 1″.
Tampilan add on Download Video Youtube

3 Cara Mudah Download Video Youtube

Cara Dowload Video Youtube memakai Grease Monkey

Untuk cara kedua, lakukan langkah instalasi yang sama seperti cara pertama di atas, namun dengan menambahkan Add On “Grease Monkey“. Sedikit berbeda dengan cara di atas, setelah instalasi selesai Anda harus menambahkan pula user script “Youtube Video Downloader”. Caranya download dan pasang scriptnya pada link ini Youtube Video Downloader Script. Link download akan muncul di atas, lalu pilih serta tambahkan pada browser Anda. Setelah selesai restart kembali browser dan untuk memastikan script sudah terpasang dengan baik kunjungi youtube. Jika sudah terpasang maka menu tambahan untuk download akan tampil pada bagian bawah video seperti nampak pada gambar di bawah:
Video download option for grease monkey add on
Kelebihan fitur pada cara kedua ini pilihan kualitas video lebih lengkap dibandingkan cara pertama dan bisa pula didownload dalam format mp4. Berbeda jika Anda hanya menggunakan IDM, video yang didownload hanya berformat “flv” sesuai dengan video yang sedang streaming.

Dowload Video Youtube menggunakan Flash Video Downloader

Cara lain yang tidak kalah mudahnya namun dengan fitur yang lebih baik bisa dilakukan dengan menambahkan Add On Flash Video Downloader. Lakukan langkah yang sama seperti cara pertama dan kedua di atas dengan melakukan pencarian dan menambahkan Add On Flash Video Downloader pada Add On Manager. Jika Add On sudah terpasang dengan baik maka pada bagian pojok kanan bawah akan muncul ikon download seperti nampak pada gambar di atas browser Chrome ikon tersebut muncul di pojok kanan atas.
Berbeda dengan kedua Add On di atas yang muncul sebagai menu tambahan pada streaming video Youtube, Add On ini dapat muncul di halaman mana saja yang memuat flash video (flv) atau webvideo lainnya. Jadi tidak hanya pada Youtube saja, kita dapat mendownload video dari situs manapun. Selain itu, Add On ini juga menawarkan pilihan video dengan kualitas dan ukuran berbeda yang dapat kita pilih sesuka kita.

Flash Video Downloader Download Option

Flash Video Downloader Download Option


Terkait: baca juga Kumpulan Browser Alternatif dan Kelebihannya
Sebagai catatan, add on atau ekstensi tambahan di atas untuk browser firefox sudah dapat bekerja dengan baik. Namun tidak semua browser memiliki add on/ ekstensi serupa. Jika Anda kurang menyukai browser firefox, maka cara ketiga dapat menjadi solusi Anda karena Add on “Flash Video Downloader” sudah bisa dipakai pada hampir semua jenis browser. Jika Anda masih kesulitan, atau ingin mendownload video tanpa menggunakan browser, maka cobalah gunakan aplikasi Flash Video Downloader atau FVD Suite, download di sini. Jika Anda masih kesulitan juga, wah terlalu eta mah!! Hehhee…, demikian tutorial singkat 3 Cara Mudah Mendownload Flash Video dan Mp4 dari Youtube ini, semoga dapat bermanfaat, Amiin…



 Terima Kasih atas pengertian Anda untuk tidak Copy Paste tanpa izin dan menghindari praktek Plagiasi.

Ingin berlangganan artikel blog ini melalui Email? Masukan email Anda di bawah ini.

  1. Belum ada komentar
  1. Tak ada tautbalik
5+5= (Harus Diisi!)

up
x
Show Widget