Beranda » Tutorial, Tips & Tricks » 6 Trik Lengkap Menyembunyikan Link/ URL Affiliasi atau Referal

6 Trik Lengkap Menyembunyikan Link/ URL Affiliasi atau Referal

September 10th, 2012 D-Artchitext Tambah komentar

Tidak hanya membantu meningkatkan downline/ referal secara lebih efektif dan signifikan, variasi dan jenis link yang berbeda akan memicu pengunjung agar tidak ragu mengklik link afiliasi/ referal yang kita sajikan. Karena tidak dapat disangkal, menyembunyikan link menggunakan layanan link shortener cenderung membuat pengunjung atau calon referal enggan mengklik link/ URL tersebut. Namun lain halnya jika sobat menggunakan salah satu dari beberapa cara menyembunyikan link yang saya bahas di sini. Salah satu faktor utamanya adalah link yang dibuat nampak seperti link internal situs/ blog kita sendiri, sehingga pengunjung akan lebih “legowo” dan mungkin tidak sadar bahwa link tersebut adalah link referal. Disamping itu cara-cara ini akan memberikan kesan lebih profesional bagi kita sebagai blogger :D

Manfaat dan Keuntungan Menyembunyikan Link/ URL

Sebagaimana kita tahu, link yang tersembunyi memiliki banyak sekali kegunaan. Bagi Anda sobat Internet Marketer tentunya akan membantu meningkatkan jumlah affiliate/ referal, selain itu dapat merapikan dan memperpendek URL, mengurangi jumlah outbound link dan juga analisa dan statistik jumlah klik (cara keempat only). Oke deh berikut cara-caranya, silahkan ditiru atau manfaatkan cara-cara tersebut namun mohon untuk tidak menyalin ulang artikel ini tanpa izin, OK?!!

1. Manfaatkan Layanan Link/ URL Shortener

Cara ini adalah cara yang paling umum dan banyak digunakan. Kelebihan cara ini adalah cukup simpel dan paling hemat dalam mempersingkat karakter link, selain itu ada beberapa layanan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan bayaran seperti adf.ly. Kekurangannya, banyak link dari penyedia layanan tersebut dianggap SPAM oleh beberapa site jejaring sosial seperti facebook, selain itu jika kita lupa alamat asli atau ingin merubah setiap link yang disembunyikan kita harus log in terlebih dahulu. Karena cara ini sudah tidak asing lagi maka saya tidak akan memperinci cara pemakaiannya, dan berikut 20 situs penyedia layanan menyembunyikan atau mempersingkat link:

http://adf.ly

http://asso.in 

http://bit.ly

http://cli.gs

http://decenturl.com

http://goo.gl 

http://ho.io

http://is.gd

http://moourl.com

http://myurl.in

http://ow.ly

http://P6X.net 

http://qt.vc

http://shorl.com

http://snipurl.com

http://tiny.cc

http://tinyurl.com 

http://tki.me 

http://url.ie 

http://x61.ch

2. Sembunyikan Link Menggunakan File PHP

Menyembunyikan link dengan memakai file php mudah saja. Buat satu file php dengan text biasa, beri nama sesuai keperluan misalnya “bush-hid-the-facts.php“. Buka file tersebut, tambahkan kode php dan alamat link yang disembunyikan seperti contoh di bawah:

<?php header("location: http://www.sitesipulan.com/?7654321"); ?>

Huruf yang tebal adalah alamat link/ URL yang disembunyikan, ganti dan sesuaikan dengan link yang ingin sobat pakai. Adapun cara memakai link tersebut dalam tulisan/ posting adalah dengan menghubungkan alamat dimana file “bush-hid-the-facts.php” tadi disimpan/ diupload dalam blog sobat. Misalnya file tadi disimpan di root folder atau dalam child folder maka link yang dipakai seperti berikut:

Jika file disimpan di root:
http://www.sitekamu.com/bush-hid-the-facts.php

File disimpan di dalam satu folder/ direktori:
http://www.sitekamu.com/folder1/bush-hid-the-facts.php
http://www.sitekamu.com/folder2/bush-hid-the-facts.php
http://cdn.sitekamu.com/dir/bush-hid-the-facts.php

Catatan: cara penyimpanan dan pemakaian link ini berlaku juga untuk trik nomor 3 dan 6.

Contoh: Click Me…

3. HTML Redirect

Menyembunyikan link/ URL dengan HTML redirect atau pengalihan cara kerjanya hampir sama dengan cara kedua di atas. Bedanya hanya pada opsi jeda waktu sebelum pengalihan dimulai, cara kedua pengalihan dilakukan langsung tanpa jeda. Cara pakainya, buat file html dan masukan kode berikut:

<html>
<head><title>Redirect Notice</title>
<meta HTTP-EQUIV="REFRESH" CONTENT="5; URL=http://www.finderonly.net">
</head>
<body><center>
<h2>Anda akan dialihkan dalam 5 detik, mohon tunggu...</h2>
</center>
</body>
</html>

Huruf yang berwarna merah tebal (5) adalah lama waktu dalam detik sebelum pengalihan dimulai. Sobat bisa mengatur berapa lama atau mungkin menentukannya menjadi nol (0) agar cara pengalihan ini bekerja tanpa jeda (seperti menggunakan file php). Jangan lupa mengganti “URL” dengan alamat yang ingin disembunyikan.

Contoh: Hit Me…

4. Menyembunyikan Link/ URL dengan PHP Click Count

Cara ini adalah favorit saya, karena selain kita bisa memanfaatkanya sebagai penyembunyi link, PHP Click Count juga berfungsi utama untuk menghitung jumlah klik dan bahkan kita dapat menampilkan jumlah klik itu dalam postingan. Cara pakainya bisa dilihat pada CMS Ringan Penghitung Klik Multi Fungsi.

Contoh: Poke Me…

5. Sembunyikan Link dengan CSS

Menyembunyikan Link/ URL dengan sedikit CSS adalah cara yang paling mudah, cara ini bisa dipakai siapapun khususnya bagi Anda sobat blogger yang tidak memakai hosting sehingga tidak bisa simpan file. Triknya terletak pada menambahkan sedikit style pada cursor dan menyembunyikan alamat link dengan title. Biasanya jika kursor didekatkan ke link maka pada status bar akan nampak alamat link yang dituju. Nah dengan cara ini maka alamat link ini tidak akan muncul dan sebagai gantinya tooltip atau title link-lah yang akan muncul.

<a style="cursor: pointer;" title="Title atau tooltip di sini" onclick="href='http://www.sitesipulan.com/?aff=11984'" target="_blank">Bush hid the facts</a>

Dalam status bar browser Google Chrome tooltip ini tidak akan muncul, namun tetap link tidak terlihat. Dan kelemahan lainnya adalah jika link sudah diklik maka alamat tersembunyi itu akan muncul. Tapi jangan khawatir, itu cuma berlaku sekali pada setiap pengunjung dan tidak berdasarkan cookie, jadi siapapun yang membuka halaman dengan link tadi akan tetapi akan tetap mendapati link tersebut tetap tersembunyi.

Contoh: Touch Me…

6. Menyembunyikan Link/ URL dengan Link Cloaker

Cara ini pada dasarnya adalah menggunakan html frameset dengan alamat link yang disembunyikan dengan cara di-parse sehingga alamat link berubah menjadi kode html. Cara buatnya, buka halaman link cloaker ini, lalu isi detail link yang ingin disembunyikan dan klik tombol “submit”. Setelah itu akan muncul kode html, nah copy kode itu pada file html baru, upload dan simpan di site sobat seperti cara nomor 2.

Contoh: Press Me…

Demikianlah 6 cara menyembunyikan link/ URL affiliasi atau referal, semoga bermanfaat dan dapat membantu sobat semuanya sehingga lebih semangat dan lebih sukses lagi dalam bisnis dan usahanya, ammiiin…



 Terima Kasih atas pengertian Anda untuk tidak Copy Paste tanpa izin dan menghindari praktek Plagiasi.

Ingin berlangganan artikel blog ini melalui Email? Masukan email Anda di bawah ini.

  1. No ID
    March 14th, 2014 at 20:11 | #1

    Tanya Gan :)
    Kalau untuk pemakaian di SosMed (Fb, twitter dll) caranya gimana, sbb:

    Gini gan cara menyembunyikan link didalam gambar dan juga sekaligus

    men direct . mengalihkan ke link URL selanjutnya

    yang mana cara tersebut akan ane POSTING dan atau KOMENT di sos med

    Mohon Pencerahannya gan (y)

    [Reply]

    D-Artchitext Replied on:

    Pake aja cara ketiga, HTML Redirect. tapi kasih aja gambar di codenya, gampang kan?

    [Reply]

    No ID Replied on:

    bisa lebih detail gan + contohnya :)

    D-Artchitext Replied on:

    praktekkan dulu nomer 3. nanti pasti ngerti maksud saya

Halaman komentar
1 2 31222
5+8= (Harus Diisi!)

up
x
Show Widget